YM Status:

Korban Gempa Akui Keampuhan Urut Cimande

Sudah 1.500 Pasien yang Diobati Tim Medis Bogor

PADANG - KEHADIRAN Tim Relawan Bogor yang terdiri dari medis dan paramedis di wilayah gempa di Sumatera Barat, sangat dirasakan manfaatnya oleh para korban yang menerima bantuan langsung. Bantuan tidak hanya logistik yang merupakan sumbangan dari masyarakat Bogor, tapi juga pengobatan gratis. Manfaat yang cukup dirasakan warga korban gempa yakni keampuhan urut Cimande, Kabupaten Bogor. Beberapa ahli urut sengaja didatangkan dan tergabung dalam Tim Relawan Bogor.

Hingga hari kelima, tim medis Relawan Bogor sudah mengobati sedikitnya 1.500 korban gempa. Sedangkan target pengobatan bagi korban gempa di Kabupaten Agam dan Padang Pariman ini sebanyak 2.500 orang. Sementara tim non medis dari Cimande hingga kemarin sudah mengurut 800 korban gempa. Sebagian besar pasien dari Cimande ini, korban gempa yang mengalami pegal-pegal dan keseleo.

Warga yang paling merasakan adalah mereka yang berada di Kabupaten Agam dan Padang Pariaman. Dua daerah itu merupakan wilayah terisolir yang belum memperoleh bantuan dari pemerintah.

Kebanyakan warga yang diterapi ahli urut H Uwen merasa puas dengan pengobatan dengan media minyak Cimande. Salah satunya Katit Bahrudin (65), warga Kanagarian Lintabung, Jorong Padang Mardani, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Katit datang ke posko pengobatan di mobil Klinik 3 yang dipimpin dr Mochamad Hatta dan dr Asep Ahmad Hidayat. Saat datang, Katit dibopong dua orang dari kediamannya. Sekitar 15 menit dia menjalani terapi di bagian lututnya. Dia ditangani H Uwen dan asistennya Ikhwa Maulan.

Setelah diurut, perlahan Katit menggerakkan lutut kanannya yang semula tidak bisa digerakkan sama sekali. Setelah yakin kedua kakinya mampu menopang tubuhnya, Katit mencoba berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain. Dia terkejut sudah bisa berjalan lagi.

Sumber: Radar Bogor